;

Abstrak


Implementasi Kebijakan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) Gabah-Beras di Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali


Oleh :
Suni Tuti - S241408013 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian yang  berjudul  lmplementasi  Kebijakan  Harga Pembelian Pemerintah  Gabah  Beras Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis  proses implementasi Kebijakan  Harga Pembelian Pemerintah Gabah Beras  di  Kecarnatan Sawit Kabupaten Boyolali  dan  menganalisis  faktor-faktor yang mempengaruhi  implementasi kebijakan.
Pcnelitianmenggunakan metode pengumpulan data dengan menggunakan  teknik wawancara dan data sekunder. Adapun alat analisis yang digunakan  dalarn penelitian  ini adalah  triangulasi sumber.  Penelitian ini menggunakan   Model  Charles O Jones  dalam  menganalisis  proses  implementasi kebijakan, dengan aktivitas utama terdiri dari sosialisasi, interpretasi, pengorganisasian, implementasi, dan monitoring. Untuk menganalisis tujuan penelitian kedua, peneliti menggunakan  faktor komunikasi, surnberdaya, sikap pelaksana,  dan kondisi sosial ekonorni.
Kebijakan  Harga  Pembelian  Pernerintah  Gabah  Beras di  Kecarnatan  Sawit Kabupaten  Boyolali berdasarkan  hasil  penelitian yang  dilakukan  peneliti  belurn efektif.   Kebijakan  HPP   ini sudah terlaksana,  tetapi  belurn  optimal.   Hal  ini ditunjukkan dari data bahwa sebagian besar petani menjual hasil panennya  kepada tengkulak dengan sistem tebasan. Sistem ini mengindikasikan bahwa manfaat kebijakan HPP belum dirasakan oleh petani.