Abstrak


Upaya Meningkatkankerja Sama Dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe TTW (Think, Talk, and Write) dengan Media Scramble Tournamentdi Kelas XI IPS 5 SMA N 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019


Oleh :
Suci Wijiarni - K4415057 - Fak. KIP

Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan: (1) kerjasama siswa di kelas XI IPS 5 SMAN 5 Surakarta dengan menggunakan model pembelajaran TTW dan media Scramble. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa di kelas XI IPS 5 SMAN 5 Surakarta dengan menggunakan model pembelajaran TTW dan media Scramble.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang  dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 SMA N 5 Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Model pembelajaran TTW dan media Scramble dapat meningkatkan kerjasama siswa. Setiap indikator dapat melampaui indikator ketercapaian yaitu75%. (2) Model pembelajaran TTW dan media Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar di siklus dua dapat melampaui 75%. Dengan demikian, Penerapan model pembelajaran TTW dan media scramble pada siklus I dan siklus II dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Kerjasama, TTW, hasil belajar sejarah, Cooperative Learning tipe TTW, Scramble Tournament