Abstrak


Penerapan Model Guided Discovery Berbantuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks Kelas X di SMA 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019


Oleh :
Risdhya Ayu Foresty - K3315048 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran guided discovery berbantuan mind mapping pada materi reaksi redoks.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dari setiap siklus adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian berasal dari wawancara, observasi, tes, dan angket dengan teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery berbantuan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada materi reaksi redoks. Kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 72,22%, pada siklus II meningkat menjadi 100%. Prestasi belajar aspek sikap pada siklus I sebesar 58,33% meningkat pada siklus II menjadi 94,44%. Prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan hanya dilakukan pada siklus I karena sudah mencapai target ketuntasan, yaitu sebesar   dan 100%.

Kata Kunci : tindakan kelas, guided discovery, mind mapping, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar, reaksi redoks