Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi Pada Ny T Umur 32 Tahun di Puskesmas Pucangsawit Surakarta


Oleh :
Nurul Inasya - R0316042 - Fak. Kedokteran

Ruang lingkup : Asuhan kebidanan terintegrasi dimulai dari pendampingan masa kehamilan, bersalin, nifas, bayi baru lahir hingga keluarga berencana  sebagai upaya penurunan angka kematian maternal dan neonatal.
Pelaksanaan : Asuhan kebidanan terintegrasi pada Ny T dilakukan asuhan kehamilan dua kali, persalinan normal sesuai APN namun penggunaan obat anestesi lokal tidak sesuai teori yaitu penggunaan lidokain dengan epinefrin. Masa nifas mengalami bendungan payudara dengan dilakukan perawatan payudara dan cara menyusui yang benar. Asuhan bayi baru lahir normal dan asuhan KB melalui konseling pemilihan metode KB.
Evaluasi : Masa hamil, bersalin, BBL, dan KB berlangsung normal. Masa nifas mengalami bendungan payudara dan payudara kembali normal pada hari ke-9. Ny T memilih KB kondom.
Simpulan dan saran : Terdapat kesenjangan pada asuhan persalinan yaitu penggunaan obat anestesi lokal. Petugas kesehatan diharapkan dapat memberikan asuhan secara komprehensif sesuai dengan SOP asuhan persalinan yang telah ditetapkan.
Kata kunci : Ibu, Asuhan kebidanan, Terintegrasi