Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi pada Ny N Umur 27 Tahun di Puskesmas Sibela Surakarta


Oleh :
Maryam - R0316038 - Fak. Kedokteran

Latar   Belakang:   Asuhan   kebidanan   terintegrasi   merupakan   asuhan   yang diberikan bidan pada klien mulai hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir, dan keluarga  berencana  (KB)  dalam  upaya  menjaga  kesehatan  ibu  dan  bayi  serta deteksi dini komplikasi penyulit. Diagnosa kebidanan didapatkan pada awal pengkajian berupa asuhan kebidanan pada Ny N umur 27 tahun G1P0A0  hamil normal.
Pelaksanaan:  Asuhan  kebidanan  terintegrasi  pada  Ny.  N  normal,  kunjungan hamil sebanyak 2 kali, bersalin 1 kali, nifas 3 kali, bayi baru lahir 3 kali, dan keluarga berencana 2 kali.
Evaluasi: Asuhan pada Ny. N telah diberikan sesuai kewenangan bidan. Kehamilan berjalan normal, tindakan persalinan tanpa penyulit, asuhan nifas dan bayi baru lahir berjalan normal, bayi diberikan ASI eksklusif, ibu memilih KB MAL.
Kesimpulan dan saran: Terdapat kesenjangan pada pelaksanaan IMD hanya 15 menit dan perawatan tali pusat secara tertutup di RS Hermina. Bidan dan RS Hermina diharapkan menerapkan IMD minimal satu jam dan perawatan tali pusat
secara terbuka.
Kata kunci: ibu, bayi, asuhan kebidanan, terintegrasi