Abstrak


Analisis Deiksis Novel Geger Wong Ndekep Macan Karya Hari W. Soemoyo dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa di SMK


Oleh :
Putri Maharani - K4215048 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) deiksis yang terdapat dalam novel Geger Wong Ndekep Macan karya Hari W. Soemoyo; (2) fungsi penggunaan deiksis dalam novel Geger Wong Ndekep Macan karya Hari W. Soemoyo; (3) relevansi deiksis novel Geger Wong Ndekep Macan karya Hari W. Soemoyo sebagai materi ajar pembelajaran novel berbahasa Jawa di SMK.
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis dokumen. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen, yaitu novel Geger Wong Ndekep Macan karya Hari W. Soemoyo sedangkan datanya berupa kata, frasa, klausa dan kalimat yang terdapat pada dialog novel Geger Wong Ndekep Macan karya Hari W. Soemoyo yang mengandung deiksis. Sementara itu,  informannya antara lain pakar bahasa, guru mata pelajaran bahasa Jawa, dan tiga siswa kelas XI SMK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan dokumen serta wawancara narasumber. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis mengalir (flow model) menurut Miles and Huberman yang terdiri dari tiga komponen yaitu: (1) reduksi data (data reduction); (2) penyajian data (data display); (3) simpulan /verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) deiksis yang digunakan dalam novel Geger Wong Ndekep Macan karya Hari W. Soemoyo, meliputi deiksis persona, deiksis waktu, deiksis tempat, deiksis wacana, dan deiksis sosial; (2) fungsi penggunaan deiksis dalam novel Geger Wong Ndekep Macan karya Hari W. Soemoyo antara lain mempermudah pembaca mengetahui tokoh yang ada dalam novel, menggambarkan latar tempat dan waktu, mempermudah pembaca memahami wacana novel, dan menggambarkan status sosial tokoh dalam novel; (3) Analisis deiksis dalam novel Geger Wong Ndekep Macan karya Hari W. Soemoyo ini relevan dengan materi ajar mata pembelajan novel berbahasa Jawa kelas XI semester gasal di SMK.

Kata Kunci : Deiksis, novel, materi ajar bahasa Jawa