Abstrak


Analisis Gaya Bahasa, Pencitraan, dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Antologi Geguritan Bocah Kang Nyusu Ula Karya Rini Tri Puspohardini serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Kelas IX SMP


Oleh :
Sintya Mayasari Putri Anggraini - K4215060 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Gaya bahasa; (2) Pencitraan; (3) Nilai pendidikan karakter dalam antologi geguritan Bocah Kang Nyusu Ula karya Rini Tri Puspohardini. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan relevansi antologi geguritan Bocah Kang Nyusu Ula karya Rini Tri Puspohardini sebagai materi ajar kelas IX SMP.
    Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan stilistika. Sumber data berupa teks dalam antologi geguritan Bocah Kang Nyusu Ula karya Rini Tri Puspohardini dan hasil wawancara degan ahli sastra, pengarang, guru bahasa Jawa SMP, serta siswa kelas IX SMP. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data dilakukan dengan metode triangulasi. Analisis data dilakukan dengan tahap persiapan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
    Hasil penlitian ini: (1) gaya bahasa yang terdapat dalam antologi geguritan Bocah Kang Nyusu Ula meliputi: simile, metafora, personifikasi, alegori, metonimia, repetisi, pararelisme, polisidenton, asidenton, hiperbola, paradoks, ironi, sarkasme, retoris, klimaks, antiklimaks dan antitesis. (2) pencitraan yang meliputi: citra penglihatan, citra pendengaran, citra penciuman, citra peraba, dan citra gerak. (3) Nilai pendidikan karakter yang meliputi: nilai religius, nilai kejujuran, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai demokratis, nilai cinta tanah air, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. (4) Relevansinya sebagai materi ajar kelas IX SMP, antologi geguritan Bocah Kang Nyusu Ula relevan untuk digunakan sebagai materi ajar kelas IX SMP sesuai dengan kurikulum 2013 muatan lokal bahasa Jawa kelas IX SMP semester dua.

Kata Kunci : geguritan, gaya bahasa, pencitraan, nilai pendidikan karakter, materi ajar