Abstrak


Perbedaan Penyesuaian Diri Ditinjau dari Konsep Diri dan Tipe Kepribadian Antara Mahasiswa Lokal dan Perantau di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Afina Naharindya Vidyanindita - G0112003 - Fak. Kedokteran

Mahasiswa baru umumnya menghadapi berbagai permasalahan, seperti masalah komunikasi, tuntutan akademis, hubungan sosial, masalah keuangan, serta masalah- masalah  lain  dalam  kehidupan  sehari-hari  yang  berasal  dari  dalam  maupun  luar individu, yang bisa berujung pada kecemasan dan stres. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian diri yang baik bagi mahasiswa agar terwujud hubungan yang selaras antara individu dengan lingkungan. Proses penyesuaian diri dapat dipengaruhi oleh konsep diri dan kepribadian. Individu dengan konsep diri positif cenderung lebih mudah menyesuaikan diri dibandingkan individu dengan konsep diri negatif, begitu pula individu yang memiliki kepribadian ekstrovert cenderung lebih mudah menyesuaikan diri dibandingkan individu yang memiliki kepribadian introvert.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian diri antara mahasiswa lokal dan perantau, perbedaan penyesuaian diri ditinjau dari konsep diri, perbedaan penyesuaian diri ditinjau dari tipe kepribadian, dan perbedaan penyesuaian diri ditinjau dari konsep diri dan tipe kepribadian antara mahasiswa lokal dan perantau. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Sampel penelitian berjumlah 104 mahasiswa yang diambil melalui teknik purposive random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala penyesuaian diri, skala konsep diri, dan skala tipe kepribadian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Three Way Anova.
Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Three Way Anova, diperoleh kesimpulan bahwa untuk faktor daerah asal (lokal dan perantau) F hitung 11,558 (> F tabel
2,70) menunjukkan bahwa ada perbedaan penyesuaian diri ditinjau dari daerah asal.
Untuk  faktor  konsep  diri  F  hitung   9,134  (>  F  tabel   2,70),  menunjukkan  bahwa  ada perbedaan penyesuaian diri ditinjau dari konsep diri. Untuk faktor tipe kepribadian F hitung   11,286  (>  F  tabel   2,70),  menunjukkan  bahwa  ada  perbedaan  penyesuaian  diri ditinjau dari tipe kepribadian. Hasil Three Way Anova untuk interaksi tiga faktor menunjukkan tidak ada interaksi antara daerah asal, konsep diri, dan tipe kepribadian.

Kata kunci: Penyesuaian diri, konsep diri, tipe kepribadian, mahasiswa perantau