Abstrak


Pengaruh Karakteristik Daerah terhadap Belanja Modal Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia


Oleh :
Rizkiana Candra Dewi - F1314159 - Fak. Ekonomi dan Bisnis


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik daerah terhadap belanja modal pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia. Luas wilayah, ukuran pemerintah daerah, ukuran legislatif, dan intergovernmental revenue digunakan dalam menjelaskan karakteristik daerah sebagai variabel independen dalam penelitian ini.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemerintah daerah kabupaten/provinsi di Indonesia tahun 2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode judgement sampling dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 325 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan data non keuangan dari portal resmi Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji dari regresi berganda menunjukkan bahwa luas wilayah dan ukuran pemerintah daerah berpengaruh positif terhadap belanja modal pemerintah daerah, sedangkan ukuran legislatif berpengaruh negatif terhadap belanja modal pemerintah daerah. Sementara itu, intergovernmental revenue tidak berpengaruh terhadap belanja modal pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia.
Kata Kunci:     Karakteristik daerah, luas wilayah, ukuran pemerintah daerah, ukuran legislatif, intergovernmental revenue, belanja modal.