Abstrak


Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penyaluran Rastra oleh Perum Bulog Sub Divre III Surakarta dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Pangan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Kabupaten Boyolali


Oleh :
Basri Lestari - F3315014 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Indonesia sebagai Negara berkembang dengan jumlah penduduk miskin yang Faktorutama yang mengakibatkan melonjaknya tingkat kemikinan di Indonesia adalah kondisi ketahananpangan yang semakin memburuk, hal ini dikarenakan beralih fungsinya lahan prtanian di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti dari pelaksanaan dari sistem penyaluran Rastra pada perum Bulog Sub Divre III Surakarta telah sesuai dengan Standar Oprasional Prosedur (SOP) atau belum. Langkah-langkah yang di lakukan dalam penelitian ini membandingkan antara teori pada buku dengan sistem yang diterapkan pada Perum BULOG Sub Divre III Surakarta serta melakukan observasi serta wawancara langsung bagian-bagian pada Perum Bulog Sub Divre III Surakata. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui sistem penyaluranRastra yang diterapkan pada Perum Bulog Sub Divre III Surakata telah sesuai dengan SOP.
Berdasarkan penelian ini, penulis memberikan bebeapa saran dalam pelaksanaan penyaluan Rastra seperti perlu adanya pemeriksaan mendadak untuk meningkatkan kinerja pegawai, perluadanya pengawasan langsung dari Prum Bulog Sub Divre III Surakarta dalam pembagian Rastra di titikbagi, serta perlu adanya perbaikan dokumen untuk memaksimalkan proses pengendalian intern.

Kata Kunci: Perancangan, Sistem Informasi Akntansi, Bulog