Abstrak


Dinamika Kerajinan Bonggol Jati di Desa Bangunrejo Kidul, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Provinsi Jawa Timur (Studi Sejarah Sosial-Ekonomi Tahun 1997-2014)


Oleh :
Nana Diyanti Rahayu - C0512037 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan perkembangan, serta untuk mengetahui dampak yang terjadi akibat dari kerajinan bonggol jati di Desa Bangunrejo Kidul, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur tahun 1997-2014.

Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dari tahap heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber (kritik intern dan kritik ekstern), interpretasi/ penafsiran, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Dari hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dan di interpretasikan berdasarkan kronologinya.

Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  dengan  adanya  kerajinan bonggol jati di Desa Bangunrejo Kidul membuat mata pencaharian masyarakat menjadi semakin beragam, tidak hanya terpaku pada sektor pertanian saja namun juga pada sektor usaha kerajinan. Dengan adanya usaha kerajinan bonggol jati di Desa Bangunrejo Kidul telah membawa perubahan dalam aspek sosial dan ekonomi masyarakat Desa Bangunrejo Kidul ke arah yang lebih maju. Dalam pemasaran kerajinan bonggol jati tidak hanya pasaran lokal saja seperti Solo, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bali dan Kalimantan, namun juga ke mancanegara seperti Jepang dan Malaysia.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah karena menyempitnya lahan pertanian dan meningkatnya akan kebutuhan hidup, serta kondisi wilayah desa yang dekat dengan wilayah hutan KPH Ngawi telah melatarbelakangi munculnya usaha kerajinan bonggol jati di Desa Bangunrejo Kidul.  Perkembangan kerajinan bonggol jati yang semakin maju telah membawa perubahan sosial dan ekonomi. Perubahan  sosial  yang  terjadi  adalah  dengan  perubahan  status  sosial  dan hubungan sosial pengrajin di dalam masyarakat, serta perubahan ekonomi yang terjadi akibat adanya kerajinan bonggol jati adalah terbukanya lapangan pekerjaan dan peningkatan taraf hidup pengusaha dan tenaga kerja.

 


Kata kunci: Kerajinan bonggol jati, Desa Bangunrejo Kidul, Perubahan sosial, Perubahan ekonomi.