Abstrak


Status Trofik Perairan Rawa Pening Kabupaten Semarang


Oleh :
Br Brolindra Yustisia K - M0412013 - Fak. Pertanian

ABSTRAK
Rawa Pening merupakan ekosistem perairan lentik yang terletak di Kabupaten Semarang yang dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan seperti PLTA, perikanan, irigasi, peternakan, pariwisata dan air baku. Kondisi perairan Rawa Pening saat ini mengalami permasalahan kesuburan perairan (eutrofikasi). Penelitian mengenai status trofik perairan Rawa Pening perlu dilakukan sebagai dasar pengelolaan dan pelestariannya mengingat banyaknya fungsi perairan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas perairan Rawa Pening berdasarkan parameter fisika, kimia, dan biologi dan status trofik perairan Rawa Pening berdasarkan Trophic Status Index (TSI) Carlson’s.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus 2016. Parameter yang diuji meliputi pengukuran suhu, kecerahan, turbiditas, pH, DO, BOD, nitrat, fosfat, klorofil-a dan fitoplankton. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik purposive random sampling. Lokasi sampling ditentukan 5 stasiun berdasarkan pemanfaatan zona di perairan yang meliputi kawasan pariwisata, eceng gondok, bebas, perikanan, dan outlet. Analisis kimia sampel air dilakukan di BBTKL-PP Yogyakarta dan identifikasi fitoplankton dilakukan dilakukan Laboratorium Biologi FMIPA Universtias Sebelas Maret, Surakarta. Kualitas perairan Rawa Pening dianalisis menggunakan metode STORET yang berpedoman pada Baku Mutu Air kelas II berdasarkan PP RI No. 82 Tahun 2001. Analisis status trofik perairan dilakukan dengan metode Trophic Status Index (TSI) Carlson’s.    
Berdasarkan hasil penelitian status kualitas perairan Rawa Pening berdasarkan parameter fisika dan kimia berada dalam kondisi tercemar ringan, sedangkan berdasarkan parameter biologi berada dalam kondisi tercemar sedang. Hasil analisis Trophic Status Index (TSI) Carlson’s, perairan Rawa Pening berada pada tingkat eutrofik berat.
Kata Kunci : Rawa Pening, kualitas perairan, Trophic Status Index (TSI) Carlson’s.