Abstrak


Perbandingan Metode Latihan Keseluruhan dengan Menggunakan Modifikasi Alat terhadap Kemampuan Dribble Bola Basket Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 01 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016


Oleh :
Wahyu Nugroho Adiansyah - K5611079 - Fak. KIP


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan dribble bola basket melalui modifikasi sarana bola basket mini dan bola voli pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 01 Banyudono Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2015/2016; (2) Modifikasi sarana yang lebih baik antara bola basket mini dengan bola voli dalam meningkatkan kemampuan dribble bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 01 Banyudono Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 01 Banyudono Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 7 kelas dari kelas VIIIA – VIIIG berjumlah 217 siswa. Jumlah sampel dari kelas VIII A – VIII G berjumlah 30 siswa putra sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instumen penelitian berupa tes kecakapan bermain dalam dribble bola basket.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan kemampuan dribble bola basket melalui modifikasi sarana bola basket mini dan bola voli pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 01 Banyudono Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. (2) Modifikasi sarana bola voli lebih baik dari pada sarana bola basket mini dalam meningkatkan kemampuan dribble bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 01 Banyudono Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2015/2016.

Kata kunci: Perbandingan metodelatihan, modifikasialat, kemampuan dribble bola basket.