Abstrak


Kebijakan Dividen sebagai Pemoderasi Pengaruh Transaksi Pihak Berelasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)


Oleh :
Niken Setyarini - F0315061 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan penelitian ini adalah memberikan bukti empiris pengaruh transaksi pihak berelasi terhadap nilai perusahan dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Sampel penelitian adalah 28 perusahaan manufaktur dengan jumlah observasi 140 yang dipilih dengan metode purposive sampling pada periode 2013-2017.  Pengukuran nilai perusahaan dengan proksi Tobin’s Q. Pengukuran transaksi pihak berelasi aset dan liabilitasdengan cara membagi total transaksi pihak berelasi aset dengan total aset dan membagi total transaksi pihak berelasi liabilitas dengan total liabilitas. Pengukuran Kebijakan dividen dengan menggunakan proksi Dividend Payout Ratio.  
Hasil analisis menunjukkan bahwa transaksi pihak berelasi aset berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Transaksi pihak berelasi liabilitas tidak memiliki pengaruh pada nilai perusahaan. Kebijakan dividen mampu memperlemah pengaruh transaksi pihak berelasi aset terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak mampu memperlemahh pengaruh transaksi pihak berelasi liabilitas terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci : Transaksi pihak berelasi, kebijakan dividen, nilai perusahaan