Abstrak


Pengaruh Karakteristik Corporate Governance terhadap Praktik Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)


Oleh :
Reyner Ajie Wicaksono - F0315077 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tata kelola perusahaan atau yang sering disebut corporate governance terhadap praktik pengungkapan tanggungjawab soial atau yang sering disebut corporate social responsibilitydisclosure (CSRDI).Semakin bekembangnya zaman perusahaan dan sistem pengelolaan juga semakin berkembang.Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan sumber daya alam dan manusia sebagai kegiatan usaha dan perusahaan tersebut telah go-publik.Perusahaan yang melakukan kegiatan yang berpotensi memiliki hubungan dengan masyarakat harus memiliki tanggung jawab sosial.Tanggung jawab sosial tersebut sering disebut Corporate Social Responsibility.Penelitian ini bertujuan untuk melihat  pengaruh tata kelola perusahaan atau yang sering disebut corporate governance terhadap praktik pengungkapan tanggungjawab soial atau yang sering disebut corporate social responsibilitydisclosure (CSRDI).  
Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi linear berganda menggunakan data panel. Corporate governance dalam penelitian ini diimplementasikan oleh Ukuran anggota Dewan komisaris, Proporsi anggota dewan komisaris independen, Ukuran komite audit, frekuensi rapat dewan komisaris, dan frekuensi rapat komite audit. Dari pengujian model estimasi didapatkan REM sebagai estimasi terpilih.
Hasil dari penelitian ini adalah Ukuran anggota Dewan komisaris, Proporsi anggota dewan komisaris independen, dan ukuran komite audit memiliki pengaruh positif terhadap praktik pengungkapan corporate social responsibility. Variabel Frekuensi rapat dewan komisaris dan frekuensi rapat komite audit tidak memiliki pengaruh terhadap praktik pengungkapan corporate social responsibility.

Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Corporate Governance, pengungkapan