Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi pada Ny Z Umur 28 Tahun di Puskesmas Setabelan Surakarta


Oleh :
Ulyfarah Adinningtyas - R0316061 - Fak. Kedokteran

Ruang Lingkup : Puskesmas Setabelan merupakan salah satu puskesmas rawat inap di wilayah kota Surakarta, di tahun 2017 cakupan K4 sebanyak 91,50%, cakupan PN sebanyak 100%, cakupan KF sebanyak 100%, cakupan KN sebanyak
100%, cakupan peserta KB baru 5,4%, dan cakupan peserta KB aktif 79,9%. Asuhan kebidanan berkelanjutan dibutuhkan Ny.Z umur 28 tahun G1P0A0, hamil
34+1 minggu normal. Perlu asuhan kebidanan berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak.
Pelaksanaan : Asuhan kehamilan normal dengan kunjungan ulang 2 kali, persalinan sectio caesarea atas indikasi mata minus 6, asuhan ibu nifas dengan kunjungan 3 kali, BBL normal dengan kunjungan 3 kali, dan konseling KB 2 kali.
Evaluasi : Asuhan kebidanan terintegrasi pada Ny.Z selama hamil dalam keadaan normal, masalah persalinan pada Ny. Z dapat tertangani dengan baik. Pada asuhan nifas dan BBL tidak terdapat masalah. Ny.Z memilih menggunakan KB IUD.
Kesimpulan dan Saran : Terdapat kesenjangan pada pelaksanaan asuhan persalinan, yaitu pada persalinan tidak dilakukan IMD. Bagi institusi kesehatan agar memberikan IMD pada setiap pertolongan persalinan.
Kata kunci : Asuhan Kebidanan, Terintegrasi, Puskesmas Setabelan