Abstrak


Upaya Pengelolaan Obyek Wisata Pantai Jetis di Kabupaten Purworejo


Oleh :
Cantika Chiata Saphira - B3216013 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini mengkaji tentang Upaya Pengelolaan Obyek Wisata Pantai Jetis di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi apa saja yang dimiliki Obyek Wisata Pantai Jetis, pengelolaan Obyek Wisata Pantai Jetis, serta permasalahan apa saja yang dihadapi dalam mengelola Obyek Wisata Pantai Jetis di Kabupaten Purworejo.Penelitian ini disajikan secara deskriptif yaitu menggambarkan dari informasi tentang Obyek Wisata Pantai Jetis. Adapun metode pengumpulan data  yang diajukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi pustaka.

Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  :  Obyek  Wisata  Pantai  Jetis adalah salah satu obyek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan di Kabupaten  Purworejo.  Metode analisis  potensi  yang dilakukan  adalah  dengan analisis 3 A yaitu Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas. Pengelolaan Obyek Wisata Pantai Jetis ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Jetis Manis, dalam proses pengelolaannya Pantai Jetis melalui beberapa tahapan yaitu : Perencanaan, Pengarahan, Pengorganisasian, dan Pengawasan. Terdapat pula kendala yang dihadapi  pada  proses  pengelolaannya,  antara  lain  :  kurangnya  sumber  daya manusia dalam bidang kepariwisataan dari masyarakat sekitar, masih minimnya sarana prasarana pendukung Obyek Wisata Pantai Jetis, serta terbatasnya dana yang digunakan untuk pengelolaan.

Maka dapat di simpulkan bahwa Obyek Wisata Pantai Jetis ternyata memiliki potensi sebagai obyek wisata alam pantai yang sangat menarik untuk dikembangkan dan peran serta pemerintah sangat dibutuhkan dalam pengembangannya, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, Obyek Wisata Pantai Jetis diharapkan dapat berpartisipasi dalam program Romansa 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo.

Kata kunci : upaya, pengelolaan,obyek wisata, Pantai Jetis, Kabupaten

Purworejo