Abstrak


Peningkatan Kreativitas Menyusun Gerak Tari Kreasi Daerah Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas IV A SD Negeri Kleco II Tahun 2018/2019


Oleh :
Galuh Ayu Sekar Pramesthi - K7115067 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas menyusun gerak tari kreasi daerah pada peserta didik kelas IV A SD Negeri Kleco II Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berbantuan media lagu daerah.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini telah dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terbagi menjadi empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas IV A SDN Kleco II Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi kegiatan. Penelitian ini menggunakan uji validitas isi dengan teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas menyusun gerak tari kreasi daerah setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan media lagu daerah. Peningkatan tersebut ditinjau dari nilai rata-rata indikator kreativitas peserta didik pada pratindakan sebesar 3,48 menjadi 3,45 pada siklus I dan 3,79 pada siklus II. Data pratindakan menunjukkan ketuntasan klasikal mencapai 40%, meningkat menjadi 46,67% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 96,55%. Hasil perolehan antarsiklus dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan kreativitas menyusun gerak tari kreasi daerah peserta didik kelas IV A SD Negeri Kleco II Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: kreativitas, menyusun gerak tari kreasi daerah, Contextual Teaching Learning