Abstrak


Pengaruh E-Learning terhadap Prestasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Kegawatdaruratan Maternal


Oleh :
Bela Suci Graeni - R1116012 - Fak. Kedokteran

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang: peran e-learning dalam dunia pendidikan merupakan sebuah alternatif  solusi  untuk  memecahkan  masalah  pendidikan,  yaitu  yang  terkait dengan   sumber   belajar   melalui   proses   yang   kompleks   dan   terpadu   yang melibatkan orang, prosedur, ide, dan  peralatan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning terhadap prestasi mahasiswa pada mata kuliah kegawatdaruratan maternal.

Metode: penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan rancangan one group pre-posttest design. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 34 mahasiswi. Tahap pertama dari penelitian adalah memberikan pretest dilanjutkan dengan pemberian materi melalui e- learning, setelah itu mahasiswa diberikan pembelajaran ceramah, dan diberikan posttest.

Hasil: rerata nilai pretest adalah 66 dengan nilai terendah dan tertinggi yaitu 15 dan 85. Pada hasil posttest, nilai rerata mahasiswa yaitu 81,44 dengan nilai terendah dan tertinggi yaitu 31 dan 100. Pada hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 20.00 dengan taraf signifikansi (?)
0,05diperoleh nilai signifikasi (p) 0,000.

Kesimpulan:   ada   pengaruh   yang   signifikan   e-learning   terhadap   prestasi mahasiswa pada mata kuliah kegawatdaruratan maternal.

 

Kata kunci: e-learning, web sentric learning, Prestasi Mahasiswa, Kegawatdaruratan Maternal.