Abstrak


Perbandingan Luaran Maternal dan Perinatal pada Preeklampsia dengan dan Tanpa Hipoalbuminemia


Oleh :
Siti Rachmah Al-syifa - G0014223 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK


Latar Belakang: Preeklampsia merupakan penyebab utama mortalitas dan morbiditas ibu dan bayi di dunia. Risiko tersebut diduga semakin meningkat bila timbul gejala tambahan yang dapat memperberat kondisi kehamilan pada ibu yaitu hipoalbuminemia. Peneliti bertujuan meniliti perbedaan luaran maternal dan perinatal pada preeklamsia dengan dan tanpa hipoalbuminemia.

Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel berupa rekam medis pasien preeklampsia yang melakukan persalinan di RSUD Dr. Moewardi Surkarta tahun 2016. Sampel diambil secara total sampling. Seleksi dilakukan dengan melihat kriteria inklusi dan eksklusi sampel penelitian. Besar sampel pada penelitian mortalitas dan morbiditas maternal sebanyak 186 orang, mortalitas perinatal sebanyak 170 orang, dan morbiditas perinatal sebanyak 150 orang. Hasil penelitian diolah menggunakan metode analisis data uji Chi Square dan Mann Whitney.

Hasil Penelitian: Hasil uji Chi Square menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara hipoalbuminemia dan tanpa hipoalbuminemia dengan mortalitas maternal (p=0,889), oedem pulmo (p=0,102), kejang (p=0,486), rawat ICU (p=0,084), penggunaan ventilator (p=0,222), mortalitas perinatal (p=0,457), BBLR (p=0,612), asfiksia neonatorum (p=0,665), rawat NICU (p=0,883), serta terdapat perbedaan yang bermakna antara hipoalbuminemia dan tanpa hipoalbuminemia dengan sindrom HELLP (p=0,018), penyakit jantung (p=0,035), gagal ginjal akut (p=0,014). Hasil uji Mann Whitney menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara hipoalbuminemia dan tanpa hipoalbuminemia dengan lama rawat inap ibu (p=0,035) serta tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara hipoalbuminemia dan tanpa hipoalbuminemia dengan lama rawat inap bayi (p=0,134).

Simpulan Penelitian: Terdapat perbedaan kejadian sindrom HELLP, penyakit jantung, gagal ginjal akut, dan lama rawat inap ibu yang signifikan pada preeklampsia dengan hipoalbuminemia dan tanpa hipoalbuminemia.

Kata kunci: Preeklampsia, Hipoalbuminemia, Maternal, Prinatal