Abstrak


Pengaruh Pijat Bayi terhadap Lama Tidur Bayi Usia 3-6 Bulan di Desa Makamhaji Kartasura, Sukoharjo


Oleh :
Veriana Wahyu Untari - R1116086 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK


Latar Belakang: Tidur bagi bayi merupakan  prioritas utama, karena di fase ini sekitar 75% hormon pertumbuhan diproduksi dan terjadi repair neuro-brain. Pijat bayi merupakan pemberian sentuhan pada tubuh bayi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pijat bayi terhadap lama tidur bayi usia 3-6 bulan serta mengetahui lama tidur bayi 3-6 bulan  sebelum dan sesudah diberikan pijat bayi.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimental dengan non equivalent control group. Teknik sampling menggunakan quota sampling. Besar sampel adalah 30 bayi usia 3-6 bulan yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi tidur bayi. Teknik analisa data menggunakan uji statistik nonparametrik Wilcoxon.

Hasil: Rerata lama tidur bayi posttest kelompok eksperimen sebesar 14,01 dan pada kelompok kontrol 12,75. Terjadi peningkatan lama tidur kelompok eksperimen sebesar 1,94 sedangkan kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 0,78. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji statistik nonparametrik Wilcoxon diperoleh nilai p=0,001 yang berarti terdapat pengaruh pijat bayi terhadap lama tidur bayi di Desa Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

Simpulan:  Terdapat  pengaruh  pijat  bayi  terhadap  lama  tidur  bayi  di  Desa
Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

Kata Kunci : Pijat Bayi, Lama Tidur Bayi