Abstrak


Perbedaan Emosi dan Perilaku Perempuan dan Laki-Laki Penyandang Tuna Rungu di SLB-B YRTRW Surakarta


Oleh :
Rakhmadhaniar Kusuma Wardhani - G0014193 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Penyandang tuna rungu mengalami hendaya dalam pendengaran yang membatasi kemampuan komunikasinya dan berakibat pada keadaan psikologis dan self- esteem. Secara biologis khususnya hormon terdapat perbedaan pada perempuan dan laki-laki yaitu  hormon  estrogen  yang  memengaruhi  fluktuasi  emosi  terutama  pada  perempuan sehingga pada perempuan akan cenderung bersikap cemas dan depresif sedangkan pada laki- laki bersikap hiperaktif.

Metode penelitian: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan subjek penelitian siswa tuna rungu di SLB-B YRTRW Surakarta. Pengukuran nilai emosi dan perilaku dilakukan dengan kuesioner Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ). Data dianalisis secara statistik menggunakan SPSS 11 for Windows dengan Uji Chi Square.

Hasil penelitian: Terdapat perbedaan emosi dan perilaku berdasarkan hasil Uji Chi Square
(X2 = 6,115 ; p = 0,047 ; CI = 95%)

Simpulan: Terdapat perbedaan emosi dan perilaku antara perempuan dan laki-laki penyandang tuna rungu di SLB-B YRTRW Surakarta dimana nilai emotional symptoms, prosocial behavior, dan peer problems lebih tinggi pada perempuan. Sedangkan nilai hyperactivity dan conduct problems lebih tinggi pada laki-laki.


Kata kunci: tuna rungu, SDQ, perempuan, laki-laki