Abstrak


Perbedaan Kualitas Hidup Antara Pasien Kanker Payudara dengan Mastektomi Radikal Modifikasi dan Breast Conserving Surgery Menggunakan Sf-36


Oleh :
Oxdri Poespita Ningrum - G0014182 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Kanker Payudara merupakan keganasan yang berasal dari sel kelenjar, saluran kelenjar dan jaringan penunjang payudara, tidak termasuk kulit payudara. Tindakan operasi atau pembedahan merupakan terapi awal yang dikenal untuk pengobatan kanker payudara. Teknik pembedahan yang umum digunakan di Indonesia, yaitu mastektomi dan breast conserving surgery. Terapi pembedahan, baik mastektomi maupun breast conserving surgery, yang diberikan kepada pasien akan akan memengaruhi bentuk tubuh seseorang kemudian akan memengaruhi kualitas hidup pasien tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas hidup pada pasien kanker payudara dengan terapi Mastektomi Radikal Modifikasi dan Breast Conserving Surgery.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Komunitas Breast Cancer Survivor Lovely Pink Surakarta dengan jumlah subyek 100 anggota komunitas. Pengambilan subyek dilakukan dengan teknik consequtive sampling. Variabel yang diteliti adalah kualitas hidup subyek sesuai dengan terapi yang diberikan yang diukur dengan kuesioner SF-36. Data dianalisis dengan uji t tidak berpasangan.

Hasil: Didapatkan rata-rata skor kualitas hidup pasien kanker payudara dengan BCS lebih tinggi daripada MRM. Nilai p sebesar 0,170 > 0,05 pada analisis perbedaan rata-rata skor kualitas hidup dengan menggunakan uji t tidak berpasangan, menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua kelompok. Pada analisis multivariat diapatkan bahwa faktor usia (p =
0,060) dan jenis terapi operasi (p = 0,109) juga tidak signifikan secara statistik.

Simpulan: Tidak terdapat perbedaan skor kualitas hidup pasien kanker payudara dengan terapi pembedahan mastektomi radikal modifikasi dan breast conserving surgery yang signifikan secara statistik.

Kata Kunci : Kanker Payudara, Kualitas Hidup, MRM, BCS