Abstrak


Perbedaan Pencapaian Tujuan Pembelajaran Anatomi Blok Kardiovaskuler sebelum dan Sesudah Praktikum Anatomi pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Gilang Teguh Pratama - G0014108 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang. Pembelajaran di bidang kedokteran meliputi banyak kegiatan, salah satunya adalah kegiatan praktikum penunjang yang diberikan sesuai dengan materi dan blok yang ditempuh seperti praktikum anatomi. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Tim Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Fakultas Kedokteran UNS, diketahui bahwa rerata nilai anatomi pada Blok Kardiovaskuler menunjukkan angka yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan pencapaian tujuan pembelajaran anatomi pada mahasiswa yang menempuh Blok Kardiovaskuler sebelum dan sesudah praktikum anatomi apabila seluruh materi anatomi Blok Kardiovaskuler diberikan pada saat praktikum anatomi.
Metode Penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan studi potong lintang yang dilakukan di Laboratorium Anatomi FK UNS. Sampel berupa mahasiswa aktif Program Studi Kedokteran angkatan 2015. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 yang dibagi dalam 4 shift praktikum. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional stratified random sampling. Sampel yang terpilih diminta untuk menjalani test sebelum dan sesudah melaksanakan praktikum anatomi Blok Kardiovaskuler. Hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji statistik Paired T-test (uji T berpasangan), menggunakan  program Statistical Package for Social Sciences 20 (SPSS 20)  for Windows Release.
Hasil. Praktikum anatomi memberikan perbedaan terhadap jumlah responden yang berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Hasil uji T berpasangan yang membandingkan antara nilai rata-rata 80 mahasiswa sebelum pelaksanaan praktikum anatomi (pretest) dan sesudah pelaksanaan praktikum antomi (posttest) menunjukkan hasil yang bermakna secara statistik (p=0,000). Hal tersebut membuktikan bahwa praktikum anatomi memberikan perbedaan dalam pencapaian tujuan pembelajaran pada Blok Kardiovaskuler.
Simpulan. Terdapat perbedaan pencapaian tujuan pembelajaran anatomi Blok Kardiovaskuler sebelum dan sesudah praktikum anatomi pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Kata kunci : Praktikum anatomi, tujuan pembelajaran, pretest, posttest, Blok Kardiovaskuler