Abstrak


Pengaruh reward instrumentalities terhadap motivasi auditor melakukan audit investigatif (Studi Kasus pada Deputi Bidang Investigasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan)


Oleh :
David Nugroho - F1314134 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tiap dimensi reward instrumentalities (kepuasan pribadi, membantu orang lain, karier, dan status) terhadap motivasi auditor untuk melakukan audit investigatif. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang ditugaskan di Deputi bidang Investigasi kantor pusat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 63 sampel. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh melalui pendistribusian kuesioner di Deputi bidang Investigasi kantor pusat BPKP. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS.
      Hasil uji dari regresi berganda menunjukkan bahwa kepuasan pribadi dan status berpengaruh positif terhadap motivasi auditor melakukan audit investigatif. Adapun dimensi membantu orang lain dan karier tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi auditor melakukan audit investigatif.
Kata Kunci:     reward instrumentalities, kepuasan pribadi, membantu orang lain, karier, status, motivasi melakukan audit investigatif.