Abstrak


Persepsi Konsumen terhadap Media Pemasaran Online (Kasus Media Pemasaran Www.Goodplant.Co.Id)


Oleh :
Dita Wahyu Ningtyas T. - H0413011 - Fak. Pertanian

ABSTRAK

Pemasaran online menjadi salah satu strategi pemasaran saat ini, termasuk juga pemasaran produk pertanian. Dukungan terhadap kemajuan teknologi dalam transaksi perdagangan  yang efektif dan efisien   juga berkontribusi besar bagi kemajuan pemasaran online. Salah satunya website yang memanfaatkan online shop adalah www.goodplant.co.id toko online yang menjual produk hidroponik. Salah satu keberhasilan pemasaran melalui website ditentukan oleh kemampuan produsen untuk membangun persepsi kepada konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik pembentuk persepsi konsuman goodplant.co.id, mengkaji persepsi konsumen terhadap kualitas goodplant.co.id sebagai media pemasaran online, mengetahui hubungan antara karakteristik pembentuk persepsi konsumen dengan persepsi konsumen terhadap kualitas      goodplant.co.id   sebagai   media   pemasaran   online.   Metode   dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik survey. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah mengakses website, pernah melakukan transaksi di websitegoodplant.co.id. Pengambilan sampel   dengan   cara   judgement   sampling   yaitu   kepada   pengguna   internet khususnya yang pernah melakukan transaksi atau pernah mengakses websitegoodplant.co.id   dengan   menggunakan   angket   online   menggunakan fasilitas  Google  Docs.  Penentuan  jumlah  sampel  metode  estimasi  proporsi populasi dan convident level yang digunakan dalam penelitian ini adalah 95% jumlahnya sampel 100 responden. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi kendall.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Umur responden mayoritas pada usia
17 – 34  tahun, pendidikan mayoritas Diploma / S1, pekerjaan mayoritas swasta dan wirausaha, pendapatan mayoritas tinggi, frekuensi belanja online mayoritas sering. Persepsi terhadap kualitas sistem, persepsi terhadap kualitas informasi, persepsi terhadap kualitas pelayanan, persepsi terhadap tampilan website, persepsi terhadap kepuasan pemakai website memiliki kategori baik. Persepsi terhadap manfaat bersih memiliki kategori sangat baik.Terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan, pendapatan, pekerjaan dan pengalaman belanja online dengan persepsi konsumen terhadap goodplant.co.id sebagai media pemasaran onlinedan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat umur responden dengan persepsi konsumen terhadap goodplant.co.id sebagai media pemasaran online.