Abstrak


Estimasi Parameter Model Regresi Multi- Variat Bayesian dengan Distribusi Prior Noninformatif Jeffreys


Oleh :
Firda Amalia - M0113018 - Fak. MIPA

ABSTRAK


Metode Bayesian  merupakan  metode  yang dapat  digunakan  untuk  meng- estimasi parameter model regresi multivariat. Dalam metode Bayesian terdapat dua  distribusi  yaitu  distribusi  prior  dan  posterior.   Distribusi  posterior  dipe- ngaruhi  oleh pemilihan  distribusi prior.  Distribusi  prior  Je?reys merupakan  je- nis distribusi prior  noninformatif,  yaitu  distribusi  prior  yang digunakan apabila tidak  diketahui  informasi parameter. Distribusi  prior  noninformatif  Je?reys di- gabungkan  dengan informasi data sampel menghasilkan distribusi  posterior.  Dis- tribusi  posterior  digunakan  untuk  mengestimasi parameter.
Tujuan  penelitian  ini untuk  mengestimasi  parameter model regresi  mul- tivariat menggunakan  metode  Bayesian  dengan  distribusi  prior  noninformatif Je?reys.   Selanjutnya  estimasi  parameter tersebut  diterapkan  pada  data  posisi simpanan  masyarakat di Provinsi  Papua  dan  Papua  Barat  bulan  Januari  2010 hingga April 2017.
Hasil  penelitian  ini  adalah  estimasi  parameter yang keduanya diperoleh dari nilai ekspektasi variabel random fungsi distribusi posterior  margi- nal.  Distribusi posterior marginal untuk adalah distribusi normal multi- variat  dan invers Wishart.  Namun dalam perhitungan nilai ekspektasi,  melibat- kan integral dari fungsi yang sulit ditentukan nilainya.  Oleh karena itu diperlukan  pendekatan dengan melakukan pembangkitan sampel random yang sesuai dengan karakteristik distribusi  posterior  marginal  masing-masing parameter mengguna- kan algoritme  MCMC Gibbs sampling.