Abstrak


Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Subur Makmur Sukoharjo Tahun 2009-2014 dan Relevansinya dengan Materi Bahan Ajar Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK


Oleh :
Ardhinda Kartikaningtyas - K7408182 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan Koperasi Simpan Pinjam Subur Makmur Sukoharjo tahun 2009-2014 serta kendala yang dihadapi dalam bidang keuangan  sekaligus mengetahui upaya  yang dilakukan Koperasi Simpan Pinjam Subur Makmur Sukoharjo untuk menangani kendala tersebut, dan untuk mengetahui relevansi informasi kinerja keuangan koperasi dengan materi bahan ajar mata pelajaran kewirausahaan di SMK.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunankan adalah purposive sampling (sampling bertujuan), sampel yang diambil tidak ditekankan pada jumlah, melaikan lebih ditekankan pada kekayaan informasi yang dimiliki anggota sampel sebagai sumber data.  Populasinya yaitu laporan keuangan (Neraca dan Laba Rugi) tahunan. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2009 – 2014.
Dengan melihat  perhitungan  selama  6 (enam) tahun terakhir, tingkat likuiditas dengan menggunakan perhitungan current ratio menunjukkan keadaan sehat baik selama tahun 2009 – 2014, dengan tingkat perkembangan rata-rata mencapai 213%, Tingkat Solvablitas selama kurun waktu 6 (enam) tahun terakhir menunjukkan kondisi yang tidak sehat dengan tingkat perkembangan   rata-rata
56%, dan koperasi masih kondisi solvabel, Tingkat kemampuan koperasi dalam memperoleh keuntungan selama kurun waktu 6 (enam) tahun terakhir, menunjukkan perkembangan yang cukup sehat. Tingkat rentabilitas modal sendiri yang dicapai koperasi selama 6 (enam) tahun terakhir yaitu tahun 2009 – 2014 menunjukkan perkembangan yang sehat baik dengan pergerakan rata-rata 23%, sehingga koperasi dalam kondisi rentabel. Kinerja keuangan Koperasi  Simpan Pinjam Subur Makmur Sukoharjo pada tahun 2009 dan tahun 2011 berada dalam kondisi cukup baik. Kendala likuiditas aktiva lancar pada tahun 2010 dan 2011, serta kendala aset  yang terlalu tinggi tidak digunakan dengan maksimal pada rentabilitas. Upaya yang dilakukan dengan monitoring, meningkatkan dan menurunkan  sumber  dana  dan   aktif  dalam   simpan   pinjam.   Pada  standar kompetensi daalam silabus di SMK dapat diterapkan sebagai bahan pengayaan.

Kata Kunci : Kinerja Keuangan Koperasi