;

Abstrak


Intervensi “Psikoedukasi Interaktif Singkat Tentang Skizofrenia”(Pists) Untuk Meningkatkan Dukungan Pada Caregiver Keluarga Pasien Skizofrenia Bebas Pasung ( Operational Research)


Oleh :
Budi Cahyono - S571208001 - Sekolah Pascasarjana

Latar Belakang: Pemasungan penderita gangguan jiwa yang masih tinggi merupakan permasalahan yang menjadi perioritas untuk ditangani di Indonesia. Keluarga merupakan pengasuh utama pasien, mempunyai peranan yang sangat penting dalam tanggung jawab dan proses penyembuhan pasien. Psikoedukasi merupakan salah satu bentuk intervensi terhadap keluarga dengan skizofrenia yang cukup sederhana, layak digunakan dan relatif murah Kulhara(2009),Lincoln(2007).
Tujuan: Studi kasus untuk memahami pelaksanaan dan menilai keefektifan psikoedukasi interaktif singkat tentang skizofrenia terhadap  caregiver keluarga pasien skizofrenia pasca pasung.
Metode: Studi ini berbentuk studi kasus yang dilakukan secara Operational Research (OR) pada tiga subjek dua pasien pasca pasung, satu pasung, menggunakan modul psikoedukasi interaktif singkat tentang skizofrenia.

Hasil: Dari pelaksanaan PISTS didapatkan tingkat pemahaman yang cukup baik dari caregiver, peningkatan dukungan caregiver dan perbaikan kondisi pasien.

Simpulan: PISTS dapat dilaksanakan pada keluarga pasien skizofrenia pasca pasung dan efektif meningkatkan dukungan caregiver.