Abstrak


Analisis Psikologi Sastra Kumpulan Cerita Pendek Pralambang Karya Ardini Pangastuti BN serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Sastra Jawa di SMA


Oleh :
Aulia Nur Fadhilah - K4212013 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Unsur intrinsik dalam kumpulan crita cekak Pralambang karya Ardini Pangastuti Bn; (2) Aspek-aspek psikologi tokoh dalam kumpulan crita cekak Pralambang karya Ardini Pangastuti Bn; (3) Relevansi kumpulan crita cekak Pralambang karya Ardini Pangastuti Bn sebagai bahan ajar sastra Jawa di SMA.
Pendekatan penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan  data  menggunakan  analisis  dokumen  dan  wawancara.  Validitas  data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi empat bagian, yaitu (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, (4) Penarikan simpulan.
Simpulan penelitian ini adalah (1) Unsur intrinsik dalam kumpulan crita cekak Pralambang karya Ardini Pangastuti Bn meliputi tema, alur, latar/ setting, penokohan, dan sudut pandang. Antar unsur-unsur tersebut saling berkaitan membentuk sebuah cerita yang utuh; (2) Psikologi sastra meliputi lima kebutuhan dasar manusia di antaranya kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa dicintai dan memiliki, kebutuhan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri; (3) Kumpulan crita cekak Pralambang dapat dijadikan referensi bahan ajar sastra Jawa di SMA. Relevansi dalam pembelajaran crita cekak di SMA tersebut mengacu pada silabus mata pelajaran bahasa Jawa untuk SMA/SMA/MA. Kompetensi Dasar (KD) membahas atau mendiskusikan isi cekak.

Kata Kunci : psikologi sastra, bahan ajar sastra Jawa