Abstrak


Tindak Tutur Representatif dalam Video Ceramah Agama K.H. Maimun Zubair Rembang (Suatu Kajian Pragmatik)


Oleh :
Haris Aniq Arsyida - C0112021 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) jenis tindak tutur representatif apa saja yang terdapat dalam ceramah K.H. Maimun Zubair?, (2) modus apa saja yang melatarbelakangi penggunaan tindak tutur representatif yang terdapat dalam ceramah K.H. Maimun Zubair? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan jenis tindak tutur representatif yang terdapat dalam ceramah K.H. Maimun Zubair, (2) mendeskripsikan modus yang melatarbelakangi penggunaan tindak tutur representatif dalam cermah K.H. Maimun Zubair.

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah video ceramah agama K.H. Maimun Zubair yang diperoleh dari youtube. Data dalam penelitian ini berupa data tulis yaitu transkrip tuturan dari video ceramah agama K.H. Maimun Zubair yang mengindikasikan sebagai tindak tutur representatif dan modus tindak tuturnya. Metode pengumpulan data dengan  menggunakan  metode  simak  dengan  teknik  dasar  sadap  dan  teknik lanjutan Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan Catat. Metode Analisis data dalam penelitian  ini  menggunakan  metode  padan.  Selanjutnya  hasil  analisis  data disajikan dengan menggunakan metode informal

Berdasarkan analisis data, dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:  (1)  dalam  ceramah  agama  K.H.  Maimun  Zubair  terdapat  tujuh  jenis tindak tutur representatif, yaitu tindak tutur representatif menginformasikan, menunujukkan, menjelaskan, menyatakan, mengemukakan pendapat, melaporkan dan menyarankan, (2) dalam ceramah agama K.H. Maimun Zubair terdapat enam modus jenis tindak tutur, yaitu modus indikatif, modus imperatif, interogatif, obligatif, desideratif dan kondisional.

Kata Kunci : tindak tutur representatif, modus tindak tutur, ceramah agama, K.H.
Maimun Zubair