Abstrak


Nilai Pendidikan Karakter dan Nilai Kearifan Lokal Cerita Rakyat di Kabupaten Ngada (Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra Tingkat SLTP)


Oleh :
Ludgardis Sebo - S841508017 - Pascasarjana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk dan isi cerita rakyat Kabupaten Ngada. (2) mendeskripsikan dan menjelaskan  nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Kabupaten Ngada. (3) mendeskripsikan  dan menjelaskn nilai-nilai kearifan lokal  yang terkandung dalam cerita rakyat Kabupaten Ngada. (4) mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi pembelajaran sastra di SLTP Kabupaten Ngada.
Penelitian ini dilaksanakan pada empat kecamatan di Kabupaten Ngada yaitu, di Desa Beiwali Kecamatan Bajawa, Desa Tura Muri Kecamatan Bajawa Utara, Desa Sebo Wuli Kecamatan Inerie dan Desa Dariwali Kecamatan Jerebuu. Dengan subjek berupa cerita rakyat Wae Reke, cerita rakyat Ata Gae, cerita rakyat Watu Kaba, cerita rakyat Watu Bhoko, dan cerita rakyat Wae Bana Malanage. Waktu pelaksanaan penelitian dari bulan  September sampai bulan Desember 2016. Hasi penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh dengan teknik wawancara dan analisis dokumen. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampilng. Dari beberapa cerita rakyat yang dihimpun dapat mewakili daerah masing-masing dengan triangulasi dan informan review, informasi, metode, dan teori dibandingkan lebih dari satu sumber.  Teknik analisis data dengan teknik analisis mengalir dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil cerita rakyat di Kabupaten Ngada yaitu, cerita rakyat Watu Bhoko berbentuk mite. Cerita rakyat Wae Reke dan cerita rakyat Ata Gae berbentuk legenda. Cerita rakyat Wae Bana Malanage dan cerita rakyat  Watu Kaba berbentuk dongeng. Dari lima cerita rakyat di Kabupaten Ngada mengandung nilai pendidikan karakter yang meliputi nilai toleransi, disiplin, cinta damai, rasa ingin tahu, kerja keras, peduli lingkungan, semangat kebangsaan, tanggung jawab, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, kreatif, menghargai prestasi, mandiri, jujur dan demokratis. Kemudian nilai kearifan lokal yang terdapat dalam cerita rakyat Kabupaten Ngada yaitu nilai gotong royong, tradisi dan kebudayaan, kerukunan dan penyelesaian konflik, kepemimpinan, rasa syukur, kejujuran, pelestarian budaya dan kerja keras. Berdasarkan kurikulum, cerita rakyat Kabupaten Ngada sangat relevan dengan pembelajaran sastra di kelas VII semester I pada aspek mendengarkan dan menulis.

Kata Kunci : cerita rakyat Kabupaten Ngada, nilai pendidikan karakter, nilai kearifan lokal