Abstrak


Uji Antifungi Ekstrak Etanol Daun Ungu (Graptophyllum Pictum [L.] Griff.) terhadap Pertumbuhan Candida Albicans in Vitro


Oleh :
Victoria Husadani Permata Sari - G0013229 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar Belakang: Banyak data menyebutkan bahwa telah terjadi resistensi pada obat-obat terapi kandidiasis. Perlu dipertimbangkan alternatif terapi kandidiasis dengan menggunakan obat-obat alternatif. Daun ungu (Graptophyllum pictum [L.] Griff.) diteliti karena diduga mengandung senyawa yang berpotensi menghambat pertumbuhan Candida albicans antara lain alkaloid, saponin, tanin, dan flavonoid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya efek antifungi ekstrak etanol daun ungu (Graptophyllum pictum [L.] Griff.) terhadap pertumbuhan Candida albicans in vitro.
Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah eksperimen laboratorium dengan rancangan post test only with control group design. Penelitian dilakukan di Laboratorium Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Subjek penelitian adalah biakan Candida albicans. Variabel yang diukur adalah konsentrasi ekstrak etanol daun ungu (Graptophyllum pictum [L.] Griff.) 15%, 20%, 25%, 30?n 35%, serta diameter zona hambatan yang terbentuk. Data diambil setelah perlakuan diinkubasi pada suhu 37°C selama 48 jam. Analisis data dengan uji korelasi Pearson dan uji one way ANOVA dilanjutkan dengan uji Post-Hoc Tamhane.
Hasil penelitian: Uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara kenaikan konsentrasi ekstrak etanol daun ungu (Graptophyllum pictum [L.] Griff.) dengan efek antifunginya. Terdapat perbedaan yang signifikan antara seluruh konsentrasi yang diuji dengan kontrol negatif. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara konsentrasi 35?ngan ketokonazol.
Simpulan: Ekstrak etanol daun ungu (Graptophyllum pictum [L.] Griff.) mulai konsentrasi 15% memiliki efek antifungi terhadap pertumbuhan Candida albicans. Efek antifungi ekstrak etanol daun ungu (Graptophyllum pictum [L.] Griff.) konsentrasi 35% diduga setara dengan ketokonazol.
 
Kata Kunci : ekstrak etanol daun ungu (Graptophyllum pictum [L.] Griff.), efek antifungi, Candida albicans