Abstrak


Pengaruh Kombinasi Ekstrak Bawang Putih (Allium Sativum) dan Minyak Zaitun (Olea Europaea) terhadap Kadar Kolesterol Darah pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus) yang Diinduksi Pakan Hiperkolesterol


Oleh :
Anindita Hasna Intan Pramono - G0013029 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar Belakang : Hiperlipidemia merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskuler yang menyebabkan 56% penyakit jantung iskemik. Meningkatnya prevalensi penyakit degeneratif meningkatkan tren masyarakat untuk mencari pengobatan yang lebih murah dan lebih mudah didapat, seperti ekstrak bawang putih (Allium sativum) dan minyak zaitun (Ollea euopaea). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi ekstrak bawang putih dan minyak zaitun terhadap penurunan kadar kolesterol darah.

Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat eksperimental dengan pretest and posttest controlled group design, dilakukan di Laboratorium Farmakologi Universitas Setia Budi Surakarta. Subjek penelitian adalah tikus putih jantan 30 ekor, umur 3 bulan, berat badan kurang lebih 200 gram, yang dibagi menjadi 5 kelompok secara acak. Semua kelompok diberi pakan hiperkolesterolemik 14 hari sebelum pretest dan 28 hari selama masa perlakuan. Kelompok I sebagai kontrol negatif tidak diberi perlakuan. Kelompok II sebagai kontrol positif diberi simvastatin per oral, kelompok III, IV dan V diberi ekstrak bawang putih dosis berturut-turut 0,08 g, 0,16 g, dan 0,24 g serta minyak zaitun dosis 0,45 ml. Karena data tidak berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji Kruskal Wallis, Mann-Whitney dan Wilcoxon.

Hasil : Didapatkan penurunan kolesterol total (p = 0,015) dan LDL (p = 0,014) yang signifikan setelah dan sebelum perlakuan pada tiap kelompok perlakuan. Pada kelompok II, III, dan IV terjadi penurunan kadar kolesterol total darah yang berbeda secara signifikan (p = 0,009) dengan kelompok kontrol negatif. Penurunan yang signifikan (p = 0,009) antara kadar LDL dengan kelompok negatif hanya terlihat pada kelompok III (33,56 mg/dl).

Simpulan : pemberian ekstrak bawang putih (Allium sativum) dan minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol darah tikus putih (Rattus norvegicus) yang tidak berbeda secara signifikan dengan simvastatin dosis terapi.

Kata Kunci : kolesterol darah, ekstrak bawang putih, minyak zaitun