Abstrak


Pengaruh Metode Quantum Learning dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama di MTSN Kabupaten Ngawi


Oleh :
Maryudianto - S841408021 - Pascasarjana


ABSTRAK

Pembelajaran menulis naskah drama selama ini belum mendapatkan hasil yang optimal. Oleh karena itu perlu diterapkan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pesserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan kemampuan menulis naskah drama antara peserta didik  yang diajar dengan metode quantum learning dan kemampuan menulis naskah drama yang diajar dengan metode kooperatif; (2) ada tidaknya perbedaan  kemampuan menulis naskah drama antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dan peserta didik  yang memiliki minat belajar rendah;  (3)  ada  tidaknya  interaksi  metode  pembelajaran  dan  minar  belajar terhadap kemampuan menulis naskah drama peserta didik.
Metode penelitian  yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 X 2. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik  MTsN Paron Ngawi dan MTsN Ngrambe Ngawi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster   randum   sampling.   Instrumen   penelitian   ini   meliputi   lembar   tes kemampuan   menulis   naskah   drama   dan   angket   minat   belajar.   Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis naskah drama sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengumpulkan data minat belajar peserta didik berupa angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA Dua Jalan.
Berdasar  analisis  data dapat  disimpulkan,  pertama,  kemampuan  menulis naskah drama peserta didik  yang diajar dengan metode quantum learning lebih baik  daripada  yang  diajar  dengan  metode  kooperatif.  Hal  ini  terlihat  dari perolehan  Fh   5.32  >  Ft  4.03 dengan db pembilang I dan db penyebut 51  pada taraf nyata   a = 0,05. Kedua, kemampuan menulis naskah drama peserta didik yang  memiliki  minat  belajar  tinggi  lebih  baik  daripada  kemampuan  menulis naskah drama peserta didik  yang memiliki minat belajar rendah. Hal ini terlihat dari perolehan  Fh sebesar 33.26 Ft  > 4.03 dengan db pembilang I dan db penyebut
51  pada taraf nyata  a = 0,05. Ketiga, ada interaksi antara  metode pembelajaran dan minar belajar terhadap kemampuan menulis naskah drama peserta didik. Hal
ini terlihat dari perolehan Fh  sebesar 5.16   >     F  t    sebesar 4.03 dengan  db pembilang I dan db penyebut 51  pada taraf nyata  a = 0,05.

Kata kunci : metode pembelajaran quantum learning, metode pembelajaran kooperatif, minat belajar, kemampuan menulis naskah drama.