Abstrak


Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2016 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Menulis (Studi Kasus Kelas X SMK Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen)


Oleh :
Rasyid Manshur - S841602025 - Pascasarjana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan  pembelajaran  menulis  yang  disusun  oleh  guru  bahasa  Indonesia sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi 2016 di SMK Negeri 1 Gondang Sragen; 2) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran menulis yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Gondang Sragen; dan 3) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kendala yang ditemukan dan upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif  dengan  strategi  penelitian studi kasus yang dilaksanakan selama enam bulan di SMK Negeri 1 Gondang Sragen. Data dalam penelitian ini ialah data yang berbentuk lisan dan tulisan. Sumber data dalam penelitian ini ialah tempat dan peristiwa, informan, dan dokumen.   Pengambilan   sampel   dalam   penelitian   ini   menggunakan   teknik purposive sampling, sementara teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan analisis dokumen. Adapun cara untuk menguji kredibiltas data dalam penelitian ini ialah triangulasi metode, triangulasi sumber, dan hasil informan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif, yakni pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran menulis berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi 2016 di SMK Negeri 1 Gondang sudah baik, dilihat dari RPP yang disusun guru sudah lengkap dan dalam merencanakan dan menyusun materi dilakukan diskusi dengan guru yang lebih berpengalaman di forum  MGMP;  2)  pelaksanaan  pembelajaran  menulis  berdasarkan  Kurikulum
2013 Revisi 2016 di SMK Negeri 1 Gondang sudah sesuai dengan RPP dan sudah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan; dan 3) kendala guru dalam implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2016 dalam pembelajaran menulis ialah guru kesulitan dalam memilih dan menentukan metode, strategi, dan media, guru terkendala oleh minat dan motivasi siswa dikarenakan metode dan media yang digunakan kurang menarik, guru masih kurang memahami konsep penilaian pada Kurikulum 2013
Revisi 2016. Upaya yang dilakukan guru ialah dengan cara berdiskusi dengan guru yang lebih berpengalaman di forum MGMP, memberikan motivasi kepada siswa dan berusaha membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, membuat instrumen penilaian dengan berdiskusi di forum MGMP dengan guru lainnya terlebih dahulu.

Kata Kunci: Kurikulum 2013 Revisi 2016, Pembelajaran Menulis, perencanaan
Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Kendala dan Solusi.