Abstrak


Pengaruh Kompetensi Individu Terhadap Tingkat Literasi Media Internet (Studi tentang Pengaruh Tingkat Technical Skills, Critical Understanding dan Communicative Abilities terhadap Tingkat Literasi Media Internet di Kalangan Siswa SMA Negeri 4 Surakarta)


Oleh :
Nuha Rosidah - D0212077 - Fak. ISIP

Media baru sebagai bentuk konvergensi media menjanjikan pola komunikasi yang lebih adaptif, cepat, mudah dan fleksibel. Internet sebagai bentuk media baru menyebabkan ledakan informasi dan arus informasi yang tak terbatas berkat karakteristiknya. Literasi media internet semakin dibutuhkan seiring berkembangnya pola komunikasi digital agar individu mampu mengimbangi pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di era ini.
Penelitian ini menggunakan teori literasi media dan framework yang dikeluarkan oleh European Commission 2009. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi individu yang terdiri dari technical skills, critical understanding dan communicative abilities terhadap tingkat kemampuan literasi media internet di kalangan remaja, dalam penelitian ini siswa SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah systematic random sampling dengan sampel sejumlah 91 responden yang merupakan siswa SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan uji F untuk menguji hipotesis secara simultan (bersama-sama) dan uji T untuk menguji hipotesis secara parsial (terpisah). Regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis hubungan antara dua atau lebih variabel independen dengan satu variabel dependen tunggal.
Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kompetensi individu yang terdiri dari tingkat technical skills, critical understanding dan communicative abilities berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kemampuan literasi media internet siswa SMA Negeri 4 Surakarta dengan nilai F hitung 4,148. Kemudian secara parsial, tingkat technical skills, critical understanding dan communicative abilities berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kemampuan literasi media internet siswa SMA Negeri 4 Surakarta dengan nilai t hitung masing-masing t1 = 6,310 ; t2 = 4,181 dan t3 = 3,622.  
Kata Kunci: literasi media internet, technical skills, critical understanding, communicative abilities, regresi linier, remaja