Abstrak


Penerapan Strategi Promosi Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Realisasi Kredit Guna Bhakti Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Cabang Surakarta


Oleh :
Nur Muhammad Faozie - F3612061 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui strategi promosi, hambatan dan juga jumlah realisasi kredit Guna Bhakti tahun 2015 pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk cabang Surakarta. Objek penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk cabang Surakarta pada tahun 2016. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu metode dengan menggambarkan dan menjelaskan secara sistematis, factual, akurat mengenai suatu objek yang diteliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah meliputi metode wawancara dan observasi yang berhubungan dengan objek penelitian.
Strategi promosi adalah suatu kunci keberhasilan sebuah bank dalam memasarkan produknya guna untuk mengikat calon nasabah sebanyak mungkin. Strategi promosi yang dilakukan oleh bank bjb cabang Surakarta meliputi advertising, personal selling, member get member, car free day, voucher belanja. Dalam melakukan strategi promosi tentunya ditemui berbagai hambatan. Hambatan utamanya adalah masyarakat masih belum mengenal bank bjb cabang Surakarta dan produk-produknya. Kredit Guna Bhakti adalah produk unggulan pada bank bjb cabang Surakarta. Realisasi kredit Guna Bhakti tertinggi mencapai Rp 5.205.000.000 dan jumlah realisasi kredit terendah sebesar Rp 540.000.000.
Kegiatan promosi lebih ditingkatkan melalui sosialisasi pada forum-forum pegawai instansi dan masyarakat sekitar kota Surakarta agar dapat menarik calon nasabah untuk menggunakan produk dari bank bjb cabang Surakarta.
Kata kunci : strategi promosi, kredit Guna Bhakti, realisasi kredit