Abstrak


Penerjemahan kosakata material pembuatan showcase dalam bahasa mandarin untuk memudahkan pengenalan nama material bagi tenaga ahli Tiongkok PT Megah Sukses Indonesia


Oleh :
Pawestri Arya Pratiwi - B3316024 - Fak. Ilmu Budaya

Penulisan tugas akhir ini dilatarbelakangi oleh masalah ketidaktersediaan daftar kosakata material pembuatan showcase di PT Megah Sukses Indonesia dalam bahasa Mandarin, sedangkan di PT Megah Sukses Indonesia terdapat tiga orang tenaga ahli Tiongkok, terlebih dalam produksi showcase selalu berhubungan dengan material pembuatannya. Tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan metode penerjemahan yang digunakan pada proses menerjemahkan kosakata material pembuatan showcase di PT Megah Sukses Indonesia ke dalam bahasa Mandarin, mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi ketika menerjemahkan kosakata material pembuatan showcase dalam bahasa Mandarin, serta mendeskripsikan manfaat penerjemahan kosakata material pembuatan showcase dalam bahasa Mandarin.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, serta studi pustaka. Metode observasi digunakan untuk mengetahui secara langsung material pembuatan showcase, metode wawancara digunakan untuk mengetahui permasalahan yang berhubungan dengan material pembuatan showcase, metode studi pustaka digunakan untuk memperoleh referensi baik dari buku maupun web.
Kesimpulan dari penulisan tugas akhir ini adalah daftar terjemahan kosakata material pembuatan showcase dalam bahasa Mandarin. Pada proses penerjemahan kosakata material pembuatan showcase dalam bahasa Mandarin, penulis menemui kendala, namun juga dapat ditemukan solusinya. Penerjemahan kosakata material pembuatan showcase dalam bahasa Mandarin ini bermanfaat untuk memudahkan tenaga ahli Tiongkok di PT Megah Sukses Indonesia dalam mengenal nama material pembuatan showcase.

Kata Kunci: penerjemahan, kosakata, showcase, bahasa Mandarin