Abstrak


Analisis pemahaman siswa mengenai konsep bentuk aljabar berdasarkan teori APOS ditinjau dari gaya kognitif di kelas VII G SMP Negeri 23 Surakarta tahun ajaran 2018/ 2019


Oleh :
Afifatul Zahro - K1314003 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas VII G SMP Negeri 23 Surakarta dengan gaya kognitif Field Independence (FI) dan Field Dependence (FD) mengenai konsep bentuk aljabar berdasarkan teori APOS.
Dalam penelitian ini, metode dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling yaitu pengambilan subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang dilakukan berdasarkan hasil tes tertulis yang telah dikerjakan sebelumnya, di mana siswa yang terpilih adalah siswa yang memiliki jawaban yang unik pada tes pemahaman siswa mengenai konsep bentuk aljabar, serta disesuaikan dengan gaya kognitif siswa yang telah diketahui dari Group Embeded Figures Test (GEFT). Selain itu, metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes berupa tes pemahaman siswa mengenai konsep bentuk aljabar dan GEFT. Untuk teknik uji validitas data, pada penelitian ini dipilih triangulasi teknik/ metode. Triangulasi teknik/ metode dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda, serta dokumentasi untuk memperoleh data. Analisis data hasil jawaban tes pemahaman dan wawancara ini didasarkan pada teori APOS.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan teori APOS, tingkat pemahaman siswa dari kelas VII G SMP Negeri 23 Surakarta dengan gaya kognitif FI memiliki tingkat pemahaman pada tahap skema. Hal ini disebabkan siswa tersebut dapat menghubungkan aksi, proses, dan objek konsep bentuk aljabar hingga membentuk suatu skema. Sementara itu, siswa dengan gaya kognitif FD pada umumnya memiliki tingkat pemahaman pada tahap aksi dikarenakan telah memenuhi karakteristik tahapan aksi pada sebagian besar soal yang diberikan. Subjek dengan tingkat pemahaman pada tahap aksi umumnya sekedar melakukan aktivitas prosedural, karena belum memahaminya secara konseptual.

Kata Kunci: pemahaman, bentuk aljabar, teori APOS, gaya kognitif, field independence, field dependence