Abstrak


Peran desainer grafis di OJWALA COMM. Surakarta


Oleh :
Anang Dwi Widodo - D1314014 - Fak. ISIP


ABSTRAK

 

Komunikasi visual sudah ada sejak awal peradaban manusia sebagai sarana penyampai pesan. Seiring perkembangan teknologi informasi, komunikasi visual pun turut berkembang, baik dari segi fungsi dan ragam jenisnya. Kemajuan ini juga tak luput dimanfaatkan oleh setiap orang untuk menyampaikan pesan dan bersaing dalam beriklan. Di sinilah peran desainer grafis semakin dituntut dalam mempengaruhi   minat   audiens   sasaran   agar   tertarik   dengan   produk   yang ditawarkan.  Dalam  Kuliah  Kerja  Media  ini,  penulis  memilih  posisi  sebagai desainer grafis karena penulis ingin mengaplikasikan ilmu-ilmu desain yang penulis dapatkan selama perkuliahan ke dalam dunia kerja. Penulis juga memilih Ojwala comm. sebagai tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Medianya karena perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan yang sudah cukup kompeten dalam branding event.

Komunikasi pemasaran merupakan induk dari periklanan. Dunia periklanan berfungsi memproduksi iklan produk klien secara berbayar melalui saluran media kepada audiens sasaran. Seorang desainer grafis di dunia periklanan bekerja di bawah agensi periklanan dan bertugas mengeksekusi pesan iklan secara visual secara  kreatif,  efektif,  dan  efisien.  Dalam  melaksanakan  tugasnya,  seorang desainer grafis harus menguasai berbagai macam sisi keilmuan desain grafis, agar nantinya mampu menghasilkan karya visual yang kreatif, efektif, dan efisien.

Dalam  pelaksanaan  KKM  di  Ojwala  comm.,  penulis  mendapatkan  berbagai macam tugas desain. Penulis melakukan survey melalui internet untuk mencari tempat menawarkan jasa produksi barang-barang seminar kit yang paling murah, membuat jenis paket seminar kit dan display-nya, mendesain trivia bertemakan hari-hari penting di Indonesia dan Internasional, membuat desain logo produk, kartu nama, cutting sticker, re-design nota, desain kaos serta desain sertifikat.

Lewat kegiatan KKM ini, penulis menyimpulkan bahwa posisi desainer grafis memegang peran penting di Ojwala comm. Karena itu, seorang desainer grafis perlu memahami berbagai macam ilmu desain grafis, baik dari segi teori serta pengaplikasian software desain grafis. Penulis juga memahami mekanisme kerja yang berlaku untuk prosedur pelaksanaan membuat desain.

Kata kunci : desain, grafis, desainer, periklanan