Abstrak


Advokasi Kebijakan Izin Lingkungan Pembangunan Pabrik Semen di Kecamatan Kayen Kabupaten Pati


Oleh :
Ibnu Fath Zarkasi - D1115015 - Fak. ISIP

ABSTRAK

 

Pegunungan Kendeng memiliki banyak sumber daya alam, salah satunya adalah batu gamping yang sangat baik untuk perusahaan semen. Pada tahun 2014, Bupati Pati mengeluarkan Surat Keputusan  Bupati  Pati  nomor 660.1/4767/2014 tentang izin lingkungan  pembangunan pabrik semen. Berbeda dengan masyarakat yang menghuni Pegunungan Kendeng selama belasan tahun, mereka khawatir akan mengancam keseimbangan ekologis Pegunungan Kendeng.

Permasalahan  yang  dikaji  dalam  penelitian  ini  adalah  bagaimana  strategi  advokasi jaringan masyarakat peduli pegunungan kendeng terhadap rencana pembangunan pabrik semen di Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi advokasi masyarakat pada rencana pembangunan pabrik semen. Penelitian ini mengacu pada teori dari Roem Topatimasang   yang mana dengan strategi advokasi kebijakan dengan membentuk lingkaran inti, memilih isu strategis, merangcang sasaran dan strategi, mengolah data dan informasi, menggalang sekutu, mengajukan rancangan tanding, mempengaruhi pembuat kebijakan, membentuk pendapat umum, membangun basis gerakan, memantau dan menilai program.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Langkah-langkah   yang   digunakan   dalam   pengumpulan   data   adalah   dengan   wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis  data menggunakan  tiga langkah,  yakni  reduksi  data, penyajian  data,  dan  penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan jaringan masyarakat peduli kendeng melakukan rangkaian advokasi kebijakan izin lingkungan pembangunan pabrik semen dengan strategi advokasi  seperti  membentuk  lingkaran  inti,  memilih  isu  strategis,  merancang  sasaran  dan strategi, mengolah data dan informasi, menggalang sekutu, rancangan tanding, mempengaruhi pembuat kebijakan, membentuk pendapat umum, membangun basis gerakan, memantau dan menilai program. Jaringan masyarakat peduli kendeng dalam rangkaian strategi advokasi kebijakan  lingkungan  pembangunan  pabrik  semen  telah  melaksanakan  ke  sepuluh  langkah strategi advokasi kebijakan.

Kata Kunci: Advokasi Kebijakan, Izin Lingkungan, Kebijakan Publik,