Abstrak


Penerapan Izin Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia Bangkalan, Madura, Jawa Timur


Oleh :
Siti Uswatun Chasanah - R0016095 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

PENERAPAN IZIN KERJA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DI PT. ADILUHUNG
SARANASEGARA INDONESIA
BANGKALAN, MADURA,
JAWA TIMUR

Siti Uswatun Chasanah1, Maria Paskanita Widjanarti2, Istar Yuliadi3

Latar Belakang : Pekerjaan yang dilakukan di PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia memiliki potensi bahaya tinggi yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Kecelakaan merupakan kejadian yang dapat menimbulkan berbagai dampak negatif. Untuk mengendalikan kondisi tidak aman, salah satu upaya yang dilakukan adalah menerapkan izin kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem izin kerja sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia.

Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk menggambarkan penerapan sistem izin kerja sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia. Pengambilan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan dan kemudian dibahas untuk dibandingkan dengan standar.

Hasil : PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia menerapkan sistem izin kerja yang meliputi jenis – jenis izin kerja (izin kerja panas dan izin kerja pada ruang terbatas), prosedur izin kerja, formulir dan dokumentasi izin kerja, dan penerapan sistem izin kerja.  

Simpulan : Perusahaan melakukan upaya pencegahan kecelakaan kerja melalui upaya menerapkan izin kerja sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja.  Perusahaan telah menerapkan sistem izin kerja sesuai dengan International Association of Oil & Gas Producers 1993. 

Kata Kunci : Izin Kerja, Pencegahan Kecelakaan Kerja