Abstrak


Kaji eksperimental penggunaan kampas rem komposit serbuk bambu pada sepeda motor yamaha jupiter Z


Oleh :
Ichsan Rusdianto - K2512044 - Fak. KIP

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyelidiki berapa nilai keausan kampas rem komposit serbuk bambu apabila dilakukan pengujian langsung pada sepeda motor, (2) menyelidiki perbandingan nilai keausan kampas rem komposit serbuk bambu terhadap kampas rem merk Indoparts.
Penelitian ini dilaksanakan di Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Komposisi kampas rem komposit serbuk bambu mengandung serbuk bambu, serbuk aluminium (Al) dan Magnesium Oksida (MgO), matrik penyusun komposit berupa resin Epoxy yang diuji menggunakan uji jalan sejauh 1500 km dan dihitung setiap 500 km. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Hasil penelitian ini adalah (1) tingkat keausan dari spesimen kampas rem komposit serat alam serbuk bambu rata-rata sebesar 0,095 mm bagian dalam untuk setiap 500 km dan 0,123 mm bagian luar setiap 500 km, (2) tingkat kausan kampas rem komposit serbuk bambu setiap kilometer adalah 0,000246 mm/km dan kampas rem pembanding sebesar 0,000496 mm/km

Kata Kunci: KAMPAS REM, Komposit, Serbuk Bambu.