Abstrak


Peningkatan hasil belajar gerak dasar lokomotor Dengan penerapan permainan tradisional Pada siswa kelas III SDN Carangan Surakarta Tahun ajaran 2015/2016


Oleh :
Rika Sakti Wijayanti - K4612121 - Fak. KIP

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor siswa kelas III SD Negeri Carangan Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Carangan Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 berjumlah 25 siswa. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan permainan tradisional dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor dari kondisi awal, ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II yang ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan persentase ketuntasan. Pada kondisi awal siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa atau sebesar 36%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa atau 68%. Dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau sebesar 96%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan permainan tradisional dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor pada siswa kelas III SDN Carangan Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci: hasil belajar gerak dasar lokomotor, permainan tradisional