Abstrak


Pelanggaran prinsip kesantunan dalam acara Pangkur Jenggleng Padhepokan Ayom-ayem di TVRI Jogja (Suatu Kajian Pragmatik)


Oleh :
Rini Dwi Astuti - C0112047 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah bentuk pelanggaran prinsip kesantunan terhadap maksim-maksim Leech dalam acara Pangkur Jenggleng Padhepokan Ayom-ayem dan (2) bagaimanakah bentuk pelanggaran prinsip kesantunan menurut skala kesantunan Leech dalam acara Pangkur Jenggleng Padhepokan Ayom-ayem.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk pelanggaran prinsip kesantunan terhadap maksim-maksim Leech dalam acara Pangkur Jenggleng Padhepokan Ayom-ayem dan (2) mendeskripsikan bentuk pelanggaran prinsip kesantunan menurut skala kesantunan Leech dalam acara Pangkur Jenggleng Padhepokan Ayom-ayem.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Sumber data dalam penelitian adalah acara Pangkur Jenggleng Padhepokan Ayom-ayem episode Februari 2016 yang diunduh dari situs video YouTube. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung pelanggaran prinsip kesantunan dalam acara Pangkur Jenggleng Ayom-ayem TVRI Jogja. Metode penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kontekstual dean metode padan poragmatis. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode penyajian informal.
Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa dalam tuturan acara Pangkur Jenggleng Padhepokan Ayom-ayem ditemukan pelanggaran terhadap prinsip kesantunan Leech meliputi semua maksimnya yaitu tujuh maksim. Pelanggaran paling banyak ialah terhadap maksim pujian, kerendahan hati, kearifan, kesepakatan, pertimbangan, kedermawanan, dan terakhir maksim simpati. Selanjutnya dalam tuturan acara Pangkur Jenggleng Padhepokan Ayom-ayem ditemukan pelanggaran prinsip kesantunan menurut skala kesantunan Leech. Pelanggaran prinsip kesantunan menurut skala kesantunan Leech paling banyak ialah skala untung-rugi, keopsionalan, dan ketaklangsungan.
Kata kunci: prinsip kesantunan, pragmatik, pangkur jenggleng