Abstrak


Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) dengan media lks untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2015/2016


Oleh :
Riza Desi Karnasiyani - K3312064 - Fak. KIP

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) motivasi berprestasi pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) dengan media LKS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, ombervasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali. Peningkatan motivasi berprestasi siswa dapat dilihat dari siklus I diperoleh 75%. Sedangkan pada peningkatan prestasi belajar meliputi aspek pengetahuan, sikap, keterampilan. Pada aspek pengetahuan, ketuntasan belajar siswa dari 56% pada siklus I meningkat menjadi 96% pada siklus II. Ketercapaian dari aspek sikap diperoleh 81,25%. Sedangkan ketercapaian dari aspek keterampilan adalah 100% pada siklus I.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions): (1) dapat meningkatkan motivasi berprestasi pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016 dan (2) dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, STAD, motivasi berprestasi, prestasi belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.