Abstrak


Efektivitas Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2018 tentang pendirian dan pengelolaan badan usaha milik desa terhadap perkembangan badan usaha milik desa di Kabupaten Klaten


Oleh :
Fadwa Nur Nafisah - E0016153 - Fak. Hukum

Penelitian ini bertujuan untuk pertama, mengetahui efektivitas dari Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa terhadap perkembangan badan usaha milik desa di Kabupaten Klaten. Kedua, menganalisis faktor penghambat dari perkembangan badan usaha milik desa.
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam menyusun penelitian hukum ini adalah penelitian hukum empiris bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik analisis bahan hukum yang digunakan penulis adalah penalaran hukum dengan metode deduksi.
Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa badan usaha milik desa di Kabupaten Klaten belum dapat berjalan secara optimal dikarenakan masih banyak terjadi ketimpangan antara badan usaha yang sudah maju dengan badan usaha yang baru dibentuk atau sedang tumbuh. Faktor penghambat dalam proses pembentukan dan perkembangan badan usaha milik desa yaitu belum terdapat aturan yang memperjelas jalannya badan usaha milik desa ditambah lagi dengan minimnya modal yang dimiliki oleh badan usaha milik desa.

Kata kunci : Efektivitas, Perkembangan, Badan Usaha Milik Desa.