;

Abstrak


Strategi Komunikasi Politik dalam Pilkada (Studi Kasus Pemenangan Pasangan Kandidat Yuni – Dedy pada Pilkada Sragen 2015)


Oleh :
Wulan Purnama Sari - S231508020 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Dalam meraih kemenangan pada suatu hajatan pemilihan kepala daerah (Pilkada), dibutuhkan strategi komunikasi politik yang tepat. Tidak semua strategi komunikasi politik efektif diterapkan di semua daerah, karena setiap daerah memiliki karakteristik masyarakat dan peta kekuatan politik yang berbeda, termasuk di Sragen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang dilakukan  oleh  pasangan  calon  Yuni–Dedy dalam  memenangkan  Pilkada  Sragen tahun 2015.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yaitu penelitian yang secara intensif, terperinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, intuisi atau gejala-gejala tertentu, termasuk peneliti mencoba untuk mencermati individu atau tokoh, yaitu pasangan Yuni-Dedy sebagai kandidat secara mendalam. Sedangkan sumber data peneliti berasal dari wawancara mendalam, dokumentasi, rekaman dan arsip yang dimiliki oleh tim sukses atau pemenangan kandidat dan data KPU tentang hasil pilkada di Sragen tahun 2015. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber data dan metode.

Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pasangan Yuni-Dedy menerapkan perencanaan strategi komunikasi politik dengan langkah-langkah melakukan analisis situasi, segmentasi, positioning, dan memanfaatkan saluran komunikasi. Sedangkan pada tahap pengorganisasian dan pelaksanaan, pasangan ini menerapkan berbagai strategi, yaitu berusaha membangun kedekatan emosional, membidik pemilih potensial berbasis daerah, menggalang dukungan semua kalangan (ketokohan dan kelembagaan),  melaksanakan  program  pro  rakyat  dan  pemberdayaan  perempuan. Pada akhirnya, kepercayaan terhadap ketokohan (ethos) terhadap pasangan Yuni- Dedy semakin kuat. Adapun ketokohan tersebut diukur dari penguatan kompetensi figur (competences), tingkat kepercayaan figur (trustworthiness), pemimpin yang dinamis (dynamism), serta sosok pemimpin yang mampu mengarahkan (coorientation).

Kesimpulannya,bahwan pasangan Yuni-Dedy berhasil memenangkan Pilkada Sragen tahun 2015 dengan memanfaatkan kekuatan figur Kusdinar Untung Yuni Sukowoti dan pasangannya, kemudian keefektifan strategi komunikasi yang telah diterapkan, serta cerdas dalam memanfaatkan ketidakpuasan masyarakat Sragen terhadap calon petahana.

Kata Kunci : strategi komunikasi politik, pemilihan kepala daerah, kredibilitas