;

Abstrak


Hubungan Suplementasi Kalsium, Asupan Sayuran dan Buah-Buahan dengan Kejadian Preeklampsia Ibu Hamil Trimester III


Oleh :
Laila Fitriani - S531608019 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Latar Belakang: Preeklampsia adalah salah satu penyebab tingginya angka kematian ibu. Salah satu faktor resiko penyebab preeklampsia diantaranya adalah kurangnya zat gizi seperti vitamin A, kalsium, natrium dan kalium. Asupan kalsium ibu hamil tidak hanya diperoleh dari suplementasi kalsium, tetapi juga diperoleh dari makanan yang dikonsumsi seperti sayur-sayuran. Tujuan: untuk menganalisis hubungan suplementasi kalsium, asupan sayuran dan buah-buahan dengan kejadian preeklampsia ibu hamil trimester III.
Metode: Jenis penelitian merupakan observasional analitik dengan menggunakan rancangan kohort prospektif. Sebanyak 65 orang ibu hamil trimester III ikut serta dalam penelitian di Bantul, Yogyakarta. Variabel suplementasi kalsium yang meliputi dosis dan kepatuhan diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner, sementara asupan sayuran dan buah-buahan diperoleh dari kuesioner Food Frequency dan Food Recall 2x24 jam.
Hasil: Sebanyak 16 (24,6%) dari 65 ibu hamil trimester III mengalami kejadian preeklampsia. Dosis kalsium yang dikonsumsi per hari rata-rata 476,2 mg. Asupan rata- rata sayuran dan buah-buahan per hari ibu hamil sebesar 250,9 gr dan 204,5 gr. Uji bivariat menggunakan Kaplan-Mier dengan metode log rank menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara dosis suplementasi kalsium (p<0 p=0,007), p=0,007) p=0,011)>Kesimpulan: Suplementasi kalsium, asupan sayuran dan buah-buahan berhubungan secara signifikan dengan kejadian preeklampsia pada ibu hamil trimester III.

Kata Kunci : asupan buah-buahan, asupan sayuran, suplementasi kalsium, preeklampsia